Senin, 30 Januari 2012

LAKUKAN SEKARANG JUGA

Bicara soal penghematan air, sebenarnya sangat mudah sekali. Everybody can do that, it so simple. Kita bisa melakukannya tanpa tambahan biaya, tanpa tambahan usaha, bahkan justru menghemat semua itu, sekaligus memberi manfaat bagi orang lain dan generasi setelah kita.

Oke, gue mau cerita tentang gue sendiri. Gue tinggal di perumahan di kaki gunung, yang tentunya fasilitasnya udah lengkap disini. Kelebihan yang gue dapet dari tinggal di kaki gunung diantaranya, pemandangannya bagus, udaranya sangat sejuk, masih banyak hijau-hijau di sekitar rumah, bikin mata jadi adem. Tinggal di kaki gunung juga jauh dari kebisingan, tingkat polusi masih rendah, lingkungan juga cenderung aman, dan kehidupan sekitar sangat kekeluargaan, semua orang di sekitar rumah bisa disenyumin dan diajak ngobrol, tanpa khawatir bakalan dicuekin. Satu lagi hal paling penting tentang keuntungan tinggal di kaki gunung adalah ketersediaan air yang hampir tidak terbatas.

Walaupun sebenarnya ada satu kelemahan tinggal di sini yang sangat amat gue rasakan, dan gue sering mengeluh tentang itu. Akses ke kota lumayan jauh bro, berat di ongkos, lebih lagi kalo ga punya kendaraan, satu-satunya kendaraan umum di sini adalah ojek, itupun klo mau manggil musti jalan dulu ke depan komplek yang jalannya naik-turun, nanjak-mudun. Berat di ongkos. Aduuuh...

But anyway, gue cukup bersyukur ko dengan keadaan ini. Gue menunjukkan rasa syukur gue dengan menjaga kebersihan rumah gue (rumah ortu gue sebenernya, tapi ntar klo gue beli rumah, gue pilih daerah perbukitan juga, tapi yang lebih dekat ke pusat peradaban deh, ^^). Gue juga bersyukur dengan melimpahnya air disini. Bahkan temen abang gue dulu klo mau nyuci motor sendiri ya datengnya ke rumah gue. Gue berusaha sebisa mungkin untuk menghemat air di rumah gue. 

  1. Klo gue mau minum, gue ambil air seperlunya gue, klo gue aus banget, gue ambil segelas penuh, klo gue cuma pengen minum doang, gue ambil air cuma setengah gelas, dan semua air di gelas gue langsung gue minum saat itu juga, jadi kalo ada yang mau nyuci piring n gelas, airnya ga usah di buang. Gitu juga kalo gue minum dari air kemasan di tempat kerja, di kondangan atau di tempat lain yang kemasannya gelasan gitu, langsung gue abisin. Akibatnya gue sering dibilang onta ama temen-temen gue, heu...
  2. Gue mandi pake shower, dan kalo gue lagi sabunan, gosok-gosok gitu, ya gue matiin air di showernya. By the way, tau ga kalo mandi pake shower bisa menghemat air jauh lebih banyak daripada kita pake gayung. Gitu juga kalo lu gosok gigi atau cuci muka, pas lu lagi ngegosok, atau ngoles sabun atau odolnya, jangan lu biarin kran airnya ngebuka gitu. Satu lagi cara gue menghemat air adalah, gue cuma mandi satu kali kalo mau pergi, itu penting buat gue dan buat ketersediaan air bagi generasi penerus gue nantinya.
  3. Gue, sebagai seorang wanita yang rajin dan terlatih, gue biasa melakukan pekerjaan rumah seperti nyuci baju, ngepel lantai dan nyuci piring. Yang terakhir itu kerjaan favorit gue, ga tau kenapa emak gue ngajarin gue nyuci piring dari kelas tiga SD, dan inilah hasilnya, gue suka ngamuk-ngamuk kalo di rumah gue ada yang nyuci piring selain gue. Back to topik, jadi gue kalo nyuci piring pake air yang ngalirnya kecil aja dari kran, klo gue lagi gosok-gosok piringnya pake sabun, ya gue matiin keran airnya. Nah, kalo gue nyuci baju, kan pake mesin tuh, gue mengeringkan baju 2x, yang pertama, abis direndem digiling lagi sebentar, langsung gue peres di tabung peras mesin cuci, maksudnya biar sabunnya cepet ilang, baru setelah itu gue bilas cukup sekali, baru diperes lagi. Itu sangat efektif buat gue. Sangat menghemat air.
Okay deh, cukup sekian postingan kali ini. Terimakasih...

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More