Minggu, 25 Maret 2012

Indonesia akan Bangun Gedung Tertinggi Kelima di Dunia

Pada masa pemerintahan Soekarno, beliau mendirikan beberapa simbol negara untuk mengangkat citra bangsa Indonesia di dunia internasional selain juga sebagai identitas negara. Salah satunya wisma 46 (gambar kiri) yang memiliki ketinggian 262 meter. Belakangan ini muncul kabar bahwa Tomy Winata akan membangun sebuah gedung yang nantinya akan jadi gedung tertinggi di Indonesia, sekaligus urutan kelima tertinggi di dunia berdasarkan pemberitaan Arch Daily setelah Seoul Light DMC Tower di Korea dengan tinggi 640 meter.


Signature TowerMenara setinggi 638 meter dibangun dengan morfologi lambang negara menghiasi puncak tower dan banyak filosofi kebangsaan yang lainnya. Gedung ini terdiri dari 111 lantai, hampir tiga kali lebih tinggi dari Monas. 


“Idenya itu dari nilai-nilai tradisional Indonesia. Ada pengertian khusus bahwa gedung itu dibuat seperti sayap garuda, kita kembangkan, kalau lihat gambarnya itu dibagian puncak ada ornamen-ornamen yang membentuk angka 17-8-45,” kata Wakil Presiden Direktur PT Jakarta International Hotels & Development Tbk Santoso Gunara. 

Gedung tersebut akan menjadi salah satu bangunan mixed-use berkelas dunia dan sekaligus menjadi gedung tertinggi di Indonesia di kawasan Sudirman Central Business District sebelum tahun 2020. Pembangunan Signature Tower akan dikembangkan oleh PT Danayaksa Arthatama Tbk. Perusahaan dengan Tomy Winata tercatat sebagai salah satu pemegang sahamnya.

Tommy Winata dikenal sebagai seorang pengusaha. Pada 1989, ia mendirikan PT Danayasa Arthatama. Setelah itu, usahanya terus berkembang. Ia pun berhasil membangun Sudirman Central Business District. 

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More