Selasa, 27 Maret 2012

Harga BBM Naik, Lagi

Banyak kelompok yang sampai saat ini masih berusaha protes dalam rangka menunda kenaikan harga BBM. Entah masih akan didengar atau tidak oleh kalangan yang berwenang, tapi gue, dari dasar lubuk hati mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya. Dan entah protes mereka berhasil didengar atau tidak, kita tetap harus mempersiapkan diri untuk menanggulangi dampaknya, yaitu kehabisan dana sebelum kucuran dana bulan selanjutnya sampai di dompet.


Biasanya, dampak dari kenaikan harga BBM adalah semua harga yang lainnya naik juga, makanan, minuman, sayuran, sembako, baju-baju, bahkan harga hotel juga naik. Terutama tarif transportasi umum yang jelas naik. Ingat kenaikan harga BBM tahun 2008? Dulu gue masih naik angkot, dan tarif angkot langsung naik, setelah harga BBM turun lagi, tarif angkot ga pernah turun. Mungkin sepeda atau kuda bisa jadi alternatif kendaraan untuk bisa menghemat budget.


Tarif BBM akan naik tanggal 1 April 2012 dengan kenaikan sebesar Rp. 1500 tiap liter untuk semua bahan bakar bersubsidi, a.k.a premium dan solar. Yang awalnya Rp. 4500 akan naik menjadi Rp. 6000, harganya beda tipis dengan harga prertamax yang Rp. 7000. Mungkin beberapa pengguna kendaraan akan beralih ke pertamax, karena disamping proses pembakarannya lebih baik, juga bebas ngantri.


For your information, beberapa negara bisa membantu rakyatnya dengan mematok harga yang sangat rendah untuk bensin dengan subsidi besar-besaran. Seperti di Venezuela, harga bensin disana hanya Rp. 445 per liter, dan Turkmenistan Rp. 712 per liter, negara ini memiliki cadangan gas alam terbesar kelima di dunia. Beberapa negara penghasil minyak juga mematok harga yang rendah untuk minyak di negaranya. Sebenarnya Indonesia juga penghasil minyak yang cukup besar, hanya saja ketidakmampuan negara untuk mengolahnya, minyak Indonesia dijual mentah ke luar negeri, sehingga kita tetap harus mengimpor minyak siap pakai. Tentu saja harganya jauh berbeda.


Seandainya Indonesia bisa mengolah sendiri minyaknya, atau seandainya saja korupsi tidak menjadi budaya di negeri tercinta ini. Seandainya...

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More