Sabtu, 24 Maret 2012

Tidak Ada Lagi Pembagian Wilayah Waktu di Indonesia

Pembagian wilayah waktu di Indonesia yang kita kenal sekarang, Waktu Indonesia Barat, Waktu Indonesia Tengah, dan Waktu Indonesia Timur tidak akan ada lagi. Waktu Indonesia yang tadinya GMT +7, GMT +8, dan GMT +9 akan digabungkan menjadi GMT +8 saja. 

Penyatuan wilayah waktu ini bertujuan untuk menciptakan efisiensi birokrasi dan meningkatkan daya saing dalam ekonomi global. Itu yang dikatakan Kadiv Humas dan Promosi KP3EI Edib Muslim, menurut tayangan berita Metro TV. Perbedaan waktu, katanya lagi, selama ini dinilai tidak efektif untuk perdagangan antarzona. Terlebih untuk transaksi keuangan dan zona saham. Ini merupakan langkah awal untuk menghemat trilyunan rupiah.

Jadi kebayang ya, kalau sekarang ini kamu sedang berada di WIB, dan menelpon kerabat yang ada di papua sana, dan ada perbedaan waktu dua jam lebih cepat. Atau saat kamu bepergian ke ujung Indonesia, kemudian bertanya-tanya jam berapa waktu setempat kamu akan tiba disana, atau sibuk mengubah setting waktu. Itu semua tidak akan terjadi lagi.

Hanya saja mungkin nanti di Jawa dan Sumatera, jam enam pagi terasa seperti pagi buta, sementara di Papua semua orang tengah sibuk berangkat kerja. Yang jadi pertanyaan selanjutnya, apakah waktu sekolah dan bekerja di bagian Barat Indonesia akan dimundurkan dan di bagian Timur Indonesia akan dimajukan? Lets see!

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More