Senin, 12 Maret 2012

Media Penulisan


Tulisan merupakan alat komunikasi yang sangat penting. Penyampaian pesan antara seseorang dengan orang lain secara tidak langsung biasanya dilakukan melalui tulisan. Tulisan yang sudah berkembang sampai saat ini berupa huruf, angka atau simbol, beberapa diantaranya bahkan telah digunakan sejak beribu-ribu tahun sebelum masehi.

Media menuangkan tulisan pun sudah sangat banyak berkembang hingga saat ini. Di awal penggunaannya media penulisan yang banyak digunakan adalah daun, tanah liat, atau kulit pohon. Sampai akhirnya terciptalah kertas yang terbuat dari serat alami yang mengandung selulosa dan hemiselulosa. Kertas pertama ditemukan oleh Tsai Lun dan terus berkembang sebagai media utama penulisan. Kertas banyak digunakan untuk menyimpan tulisan dalam bentuk novel, koran, majalah, media gambar dan lain-lain. Kita banyak membaca tulisan-tulisan di atas kertas dalam berbagai bentuk.

Dengan bantuan teknologi saat ini telah muncul berbagai media baca elektronik bernama e-book yang banyak bisa didownload melalui media internet. Bahkan muncul juga hobi baru yang dinamakan e-reading, yaitu membaca buku, novel, majalah dan lainnya dalam bentuk e-book. E-reading sebenarnya adalah sebuah kiat membaca e-book menggunakan berbagai perangkat seperti handphone, komputer tablet, laptop, atau PC. Hobi ini mendadak menjadi populer ketika berbagai komputer tablet mewabah. Tidak hanya untuk membaca e-book, komputer tablet  bisa juga digunakan untuk browsing internet, menonton film, mendownload dan menggunakan berbagai aplikasi dan games, dan masih banyak lagi.

Beberapa piranti pendukung e-reading sebagai berikut.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More