Selasa, 13 Maret 2012

Tricked on FAKE Online Shop

Belanja online saat ini sudah menjadi tren yang sangat digemari. Selain karena praktis, mudah menemukan bahkan untuk lintas negara sekalipun, efisien pemasarannya (bagi penjual) dan terkadang harganya cukup miring, online shop juga sangat memudahkan bagi penduduk kota besar yang lalu lintasnya sangat padat, sehingga males buat bepergian. Dengan online shop, kita bisa belanja, tapi tetap duduk santai di rumah sambil menunggu barang pesanan diantar ke rumah.


Tapi lu juga perlu waspada dengan toko-toko online, beberapa toko di dunia maya benar-benar maya keberadaannya. Beberapa toko online sengaja dibuat oleh orang-orang yang tidak berkepentingan untuk menjaring keuntungan besar sesaat. Gue sendiri pernah mengalami tragedi penipuan ini.

Awalnya di facebook ada satu nama (boleh sebut ya) namanya Batam Cellular yang minta konfirmasi pertemanan. Dia mengaku punya alamat jalan Diponegoro 17, di Batam. Setelah kita berteman, account ini sering mengirimi foto-foto gadget dengan harga miring. Awalnya  gue ga terlalu tertarik, sampai akhirnya dia tag foto notebook vaio dengan harga 3,4 juta. Gue dari dulu ngeceng laptop merk ini, karena emang keren. Akhirnya survey pun gue lakukan. Browsing untuk cari tau spesifikasi dan harga pasaran laptop ini. Specnya bagus dan harga pasarannya saat itu 10 juta. Jauh banget bedanya. Harusnya gue curiga disini. Tapi bukannya curiga, gue malah tertarik buat tanya-tanya tentang produk ini sama si empunya account.

Lewat sms gue tanya-tanya karena tertarik buat beli ini laptop. Gue tawar harganya jadi 3 juta, walaupun gue tau harganya sudah sangat-sangat murah dibandingkan harga pasaran. Awalnya alot banget dia ga mau turun, terus gue bilang aja ga jadi, eh taunya dia bales katanya boleh jadi 3 juta tapi harus deal hari ini. Nah, kalo waktu itu gue sadar, harusnya gue curiga lagi. Tapi sayang gue keburu kalap liat laptop murah banget. Gue bilang kalo gue bakal transfer 500 ribu dulu, dia ga mau harus langsung lunas. Gue bilang, kalo 2 juta aja dulu deh. Dia tetep bilang ga bisa. Akhirnya gue bilang lagi gue ga jadi beli aja. Taunya dia bilang ya uadah boleh 2 juta dulu. Ini yang harusnya gue curigai lagi.

Akhirnya gue tanya gue dapet apaan aja dengan duit segitu, dia bilang gue dapet laptop, tas, mouse, ama kipas. Terus gue tanya juga kemana gue musti transfer duitnya. Gue dapet satu rekening atas nama Fadhli Siddiq. Gue lagi-lagi harusnya curiga karena dia ga pake rekber. Tapi gue masih kalap, dan gue transfer duitnya ke rekening itu. Dan sampai saat ini gue ga pernah terima laptop impian gue. Gue telpon orangnya, dia selalu berdalih lagi sibuk, belum sempet kirim.

Gue cari-cari di internet, dengan alamat yang diakui si batam celluler. Ternyata itu fake address. Dan banyak juga account-account lainnya yang punya alamat yang sama. Dan duit gue keburu melayang, dua juta lumayan banget. 

Jadi kalo lu pada mau belanja di internet, lu harus pastikan bahwa situs belanja lu bener-bener terpercaya. Beberapa hal berikut perlu lu perhatikan:
1. Bandingkan harga pasar, jangan tertipu dengan harga murah
2. Jangan percaya foto-foto atau foto bukti transaksi, atau bukti pengiriman JNE, karena lu bisa dapet semua gambar itu di google
3. Pastikan lu bertransaksi lewat rekber, itu lebih aman.
4. Kalo nilai transaksi lu lebih dari 200ribu, mendingan beli di toko beneran, ketemu sama penjualnya langsung.
5. Jangan juga lu percaya sama comment-comment tentang barang-barang yang dijual disitu, bisa jadi yang komen temen-temen mereka sendiri, atau mungkin mereka punya account banyak.
6. Gunakan situs online shop yang terpercaya. Misalnya di blog ini, lu bisa terhubung langsung dengan amazon.com


0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More