Rabu, 14 Maret 2012

Anomali Air

Anomali air adalah rancangan Sang Pencipta yang sangat sempurna mengenai pemuaian dan penyusutan volume air. Masih ingat pelajaran fisika di SMA tentang pemuaian? Sifat alami semua zat jika dipanaskan adalah memuai, dimensi panjangnya akan bertambah.


Itu terjadi karena setiap benda tersusun atas partikel-partikel yang sebenarnya bergerak. Semakin panas benda tersebut, maka partikel-partikel penyusun benda tersebut juga memiliki energi yang lebih besar untuk bergerak lebih cepat. Karena gerakannya lebih cepat, partikel-partikel ini memerlukan ruangan yang lebih besar, maka terjadilah pemuaian. Malah jika cukup panas, benda-benda tersebut akan berubah wujud ke fase pergerakan yang lebih bebas. Contohnya dari padat ke cair, atau dari cair ke gas.

Pertambahan volume tanpa disertai pertambahan massa membuat kerapatan benda berkurang. Untuk zat cair dan gas, zat yang kerapatannya lebih kecil akan mengisi ruang yang lebih atas, kerapatan yang lebih besar akan tenggelam di dasar wadah.


Begitu pun air. Jika air dipanaskan di dalam panci, bagian yang panas akan naik ke permukaan. Sedangkan bagian yang lebih dingin menjadi lebih berat dan tenggelam ke dasar panci. Itu juga yang kita pelajari dalam bahasan arus konveksi.

Lalu mengapa balok es mengapung di atas gelas? Mengapa gunung es mengapung di atas permukaan laut? Mengapa di negara-negara dengan empat musim, lapisan atas danau menjadi padat sedangkan di kedalaman danau tetap cair?

Inilah yang dimaksud dengan anomali air. Air, seperti kebanyakan material lain, akan memuai jika dipanaskan dan  menyusut jika didinginkan. Kecuali antara suhu 00C sampai 40C. Antara suhu ini sifat air menjadi berlawanan, dia akan mengembang saat dipanaskan, dan menyusut saat didinginkan. Hal ini mengakibatkan suhu air yang paling rapat, yang berada di dasar memiliki suhu 40C. Dan itu bukan suhu yang memungkinkan untuk membeku, karena yang lebih kecil dari itu akan terdorong ke atas permukaan air. Sangat menguntungkan bagi berbagai organisme yang hidup di dalam air, karena tidak banyak yang bisa bertahan pada suhu di bawah 40C. Apa jadinya jika air membeku dari dasar? Tidak akan ada makhluk hidup yang bisa bertahan bukan. 

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More