Selasa, 10 April 2012

Warna Hijau Meningkatkan Kreativitas

Warna hijau sering diidentikkan dengan ketenangan dan kedamaian. Saat memandang hamparan padang rumput atau sawah yang berwarna hijau, atau menikmati alam pegunungan yang serba hijau, perasaan kita akan diliputi ketenangan dan kedamaian. Banyak orang yang memilih bermukim di kawasan hijau ini, meskipun konsekuensinya, perjalanan ke tempat beraktivitas menjadi jauh. Tapi tidak masalah, karena toh saat sampai di rumah, semua lelah setelah beraktivitas dan perjalanan pulang akan segera terpulihkan dengan suasana hijau di rumah.


Warna hijau selalu dikaitkan dengan warna alam yang menyegarkan, membangkitkan energi dan juga mampu memberi efek menenangkan, menyejukkan, menyeimbangkan emosi, menyembuhkan dan menimbulkan perasaan empati terhadap orang lain. Warna ini begitu elegan, mampu memberi rasa aman dan perlindungan.

Setelah bekerja menatap layar komputer seharian, atau menonton televisi dalam jangka waktu yang lama, tidak diragukan lagi akan membuat mata menjadi lelah, kadang membuat mata juga berair. Belum lagi tekanan pekerjaan yang membuat stress. Aktivitas semacam itu sangat dianjurkan untuk beristirahat setiap tiga puluh menit, dan menatap warna hijau akan kembali memunculkan semangat. Karena nuansa hijau mampu meredam stres. Hal itu juga yang membuat banyak rumah sakit melapisi temboknya dengan cat warna hijau.

Menurut ahli psikologi, dengan hanya memandangi warna hijau selama dua detik, bisa meningkatkan kreativitas. Prof. Lichtenfeld, seorang ahli psikologi dari Ludwig Maximilians University melakukan penelitian mengenai hal ini. Dia melibatkan 67 orang partisipan yang ditugasi menulis karangan yang menunjukkan tingkat kreativitasnya. Selama mengerjakan tugas, partisipan diperlihatkan beberapa objek dengan warna yang beragam secara sepintas, yakni selama dua detik. Hasil pengamatan menunjukkan, partisipan yang melihat objek berwarna hijau cenderung menulis karangannya dengan lebih kreatif. Prof. Lichtenfeld menyimpulkan hal ini terjadi karena pengaruh warna hijau yang disebut green effect.

Warna hijau adalah warna tumbuh-tumbuhan, sehingga tanpa disadari akan merangsang persepsi tertentu mengenai pertumbuhan. Bukan hanya pertumbuhan fisik, tapi juga pikiran kreatif. "Efeknya sangat halus. Kalau dengan sengaja melihat warna hijau supaya lebih kreatif, itu masih dipertanyakan," Kata Prof. Lichtenfeld dari MSNBC.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More