Rabu, 11 April 2012

Perbedaan Mendasar Antara Pria dan Wanita

Secara alamiah, pria dan wanita memiliki banyak perbedaan dalam hal tingkah laku, sudut pandang, dan pola pikir. Itu juga yang membuat hubungan antara pria dan wanita banyak mengalami benturan, tapi tidak jarang juga mereka menyiasatinya, sehingga yang terjadi adalah hubungan yang saling melengkapi. Beberapa perbedaan mendasar yang dimaksudkan diantaranya.



Perbedaan sudut pandangan

Wanita bisa melihat apa yang dilakukan orang disampingnya tanpa sedikit pun menolehkan wajahnya, kadang dilengkapi komentar yang membuat orang yang diajaknya bicara menjadi bingung, kenapa dia bisa menyadari hal yang bahkan tidak dilihatnya. Hal ini dikarenakan jangkauan penglihatan wanita relatif lebih besar dibandingkan dengan pria. Wanita memiliki sudut pandangan yang berkisar antara 45 sampai 180 derajat. Ini berbeda dengan sudut pandangan pria yang relatif lebih kecil dan terfokus, seperti terowongan yang lurus. Maka jika pria melihat sesuatu, maka dia tidak akan terlalu memperhatikan sekitarnya, karena memang tidak terlihat. Jadi pria melihat dengan fokus, sedangkan wanita melihat dengan luas. Pria banyak yang tidak dapat menemukan barang yang disimpan di suatu tempat bahkan saat wajahnya tepat berada di depan barang yang dicarinya, terlebih jika barang itu diletakkan terbalik sehingga tulisannya tidak terbaca dengan bemar. Sedangkan wanita dapat dengan mudah menemukan barang-barang yang tersembunyi dan dapat mengingat letak-letaknya dengan baik. Seperti yang kita lakukan selama ini, kita akan banyak bertanya tentang letak barang kepada ibu, bukan ayah.

Struktur Otak

Kemampuan untuk berbicara pada wanita, dalam struktur dasar otak, ada di bagian depan otak kiri dan sebagian kecil otak belakang. Sedangkan untuk pria, tidak ada area spesifik untuk kemampuan bicara dan bahasa, yang jelas ada di otak kiri. Otak pria cenderung terpilah-pilah dan mampu memilah-milah informasi. Karenanya wanita lebih senang berbicara. Wanita lebih banyak bicara untuk mengeluarkan unek-unek, sedangkan pria lebih untuk mencari solusi dan kesimpulan. Rata-rata wanita bisa bicara 20 ribu kata dalam sehari, sedangkan pria hanya 7 ribu kata, atau bahkan lebih sedikit.

Multitasking

Berdasarkan penelitian, pria hanya bisa melakukan satu pekerjaan dalam waktu satu waktu. Otaknya berkembang sedemikian hingga hanya dapat berkonsentrasi dan terfokus pada satu pekerjaan saja. Saat dia sedang membaca dan kita mengajaknya bicara, maka dia akan meminta kita untuk mengulangi apa yang kita katakan tadi.
Sedangkan wanita dapat melakukan beberapa hal yang bahkan tidak berhubungan sekaligus. Dia bisa mendengarkan radio, sambil mencuci piring, sambil mengobrol bersama ibunya di dapur. Atau menelpon sambil berdandan dan mengetik. Karena wanita bisa menggunakan sisi otak kanan dan kirinya secara bersamaan. Tapi karena kedua otaknya digunakan bersamaan, dia sering bingung menentukan mana kanan mana kiri di waktu tertentu.

Indirect Speech

Wanita biasanya menggunakan indirect speech atau isyarat untuk mengutarakan apa yang diinginkannya. Tujuannya adalah untuk menghindari konflik. Sedangkan pria menggunakan direct speech dan mengambil makna sebenarnya dari apa yang dikatakan orang lain.

Contohnya:Pada suatu hari pasangan Budi dan Wati akan pergi menghadiri undangan perkawinan tetangganya. Wati baru beli baju baru untuk kondangan. Ditangannya ada 2 pasang baju, satu berwarna putih dan satu lagi berwarna hijau. Lalu Wati bertanya kepada Budi.“Mas, yang mana yang mesti Wati pakai untuk kondangan nanti?” Tanya Wati.Mencoba jawaban diplomatis si Budi menjawab: ” Yang mana saja deh, semua sama bagusnya..”Wati: ” Ayo dong mas, yang mana yang kelihatan lebih bagus, yang putih apa yang ijo?”Budi: “Yang warna putih..”Wati: “Memangnya yang ijo kenapa? Kamu memang dari dulu gak suka sama yang ijo, padahal aku beli mahal-mahal dan kamu gak suka kan..!”Budi (dalam hatinya): “Kalau tidak mau dengar pendapatku kok tadi maksa nanya!! :toe:

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More